Indikator
  • Undercontruction
Bom di Tiga Gereja di Surabaya

Mendagri Minta Masyarakat Percayakan Penanganan Bom Surabaya ke Polisi

Home / Peristiwa - Daerah / Mendagri Minta Masyarakat Percayakan Penanganan Bom Surabaya ke Polisi
Mendagri Minta Masyarakat Percayakan Penanganan Bom Surabaya ke Polisi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menghadiri acara Workshop Nasional anggota DPRD PPP di Hotel Mercure, Jakarta, Minggu (13/5/2018). (FOTO: Hasbullah/ TIMES Indonesia)

KLATENTIMES, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar masyarakat mempercayakan penanganan aksi terorisme bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur ke aparat kepolisian. 

Dirinya yakin, aparat kepolisian mampu mengusut tuntas kasus yang mengakibatkan 11 orang tewas dan 41 orang lainnya harus mendapat penanganan medis tersebut. 

"Saya yakin kepolisian mampu mengusut dengan baik dan juga kami tegaskan masalah radikalisme, terorisme itu jangan kita biarkan," katanya, saat menghadiri acara Workshop Nasional anggota DPRD PPP di Hotel Mercure, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu pun menyebut tantangan besar bangsa kedepan adalah radikalisme. Sebab, itulah yang selama ini menjadi akar masalah dari berbagai aksi terorisme di berbagai daerah Indonesia.

"Negara tidak boleh kalah atas siapapun perorangan atau kelompok yang ingin melawan keutuhan bangsa ini. Ini tantangan," imbuh dia.

Agar insiden bom Surabaya tidak lagi terulang di daerah lain, Mendagri Tjahjo meminta seluruh elemen bangsa ikut berperan aktif melakukan diteksi dini, baik pemerintah (pusat/daerah), tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas hingga masyarakat di desa.

"Dan (saya minta) kepala daerah dan DPRD dalam mengambil kebijakan harus melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama di daerah masing-masing," pinta Tjahjo. 

Sebelumnya, ledakan bom terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, tadi pagi. Berdasarkan data sementara, sudah ada 11 orang tewas dan 41 dirawat di rumah sakit akibat insiden ini.

Ketiga lokasi ledakan bom di gereja Surabaya adalah Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, Gubeng, GKI Diponegoro dan GPPS Jalan Arjuna.(*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com